Jumat, 13 Maret 2009

PRANGKAT LUNAK SISTEM

PRANGKAT LUNAK SISTEM

Oleh : Budi Mochamad N.

PENDAHULUAN
Komputer merupakan mesin yang memproses fakta atau data menjadi informasi. Komputer di gunakan orang untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah, sementara yang menjadi pemroses data atau pemecah masalah itu adalah perangkat lunak. Data yang di proses pun telah banyak berubah, yang semula hanya berupa data bilangan dan karakter merambah ke audio visual (bunyi, suara, gambar, film).
Pemanfaatan komputer dewasa ini sudah merambah keberbagai bidang. Sehingga aplikasinya sangat dibutuhkan untuk membantu berbagai disiplin ilmu. Untuk itulah dibutuhkan perangkat lunak yang menjebatani komputer dengan kebutuhan dan tujuan pemerograman komputer (friendly).
Suatu sistem komputer harus memiliki 3 komponen (elemen) agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya, yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan sumberdaya manusia (brainware). Penggunaan computer tidak cukup hanya dengan peralatan fisik (hardware) saja, tetapi juga diperlukan elemen lain yang berfungsi untuk mengatur, yaitu brainware dan software. Persyaratan bagi seorang brainware adalah personil yang cakap dan mampu menangani sistem komputer yang akan digunakan. Oleh karena itu seorang brainware harus mempunyai kecakapan di bidang hardware dan keahlian di bidang software. Perangkat lunak (software) komputer merupakan sebuah program yang ditulis dan dikemas sedemikian rupa untuk mengendalikan perangkat keras sehingga dapat melakukan tugas-tugas tertentu. Tanpa perangkat lunak, komputer hanyalah barang yang tidak dapat digunakan sama sekali.
Perangkat lunak (Software) adalah komponen data prosesing yang berupa program-program dan teknik-teknik lainnya untuk mengontrol sistem komputer. Terdapat dua klasifikasi prangkat lunak yaitu prangkat lunak sistem dan prangkat lunak aplikasi. Prangkat lunak sistem adalah Perangkat lunak yang menjadi dasar perangkat lunak aplikasi. Prangkat lunak sistem dapat didefinisikan sebagai sejumlah program yang menjalankan komputer dan berfungsi sebagai koordinator utama semua perangkat keras komputer dan program perangkat lunak aplikasi. Sedangkan prangkat lunak aplikasi merupakan Program komputer yang dibuat untuk mengerjakan atau menyelesaikan masalah-masalah khusus dan untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu.
Secara umum, perangkat lunak sistem dibedakan menjadi 3 golongan, yaitu sistem operasi (operating system), bahasa pemrograman (programming language) dan program bantu atau utilitas (utility). Sedangkan Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak dijumpai dan terus berkembang.. Aplikasi yang di kenal contohnya yaitu aplikasi pemroses kata, pemroses tabel, database, pembuatan presentasi, hiburan (game) serta aplikasi multimedia dan internet.

PERKEMBANGAN PRANGKAT LUNAK KOMPUTER

Bentuk paling primitif dari perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar / on) atau 0 (salah / off), cara ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32 bit).
Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler. Kode-kode mesin sendiri masih cukup menyulitkan karena tuntutan untuk dapat menghapal kode tersebut dan format (aturan) penulisannya yang cukup membingungkan, dari masalah ini kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat tinggi yang seperti bahasa manusia (bahasa Inggris). Saat ini pembuatan perangkat lunak sudah menjadi suatu proses produksi yang sangat kompleks, dengan urutan proses yang panjang dengan melibatkan puluhan bahkan ratusan orang dalam pembuatannya. Perkembangan perangkat lunak sendiri dapat di bagi kedalam empat periode yaitu Periode Pioner, Periode Stabil, Periode Mikro, Periode Modern.
1. Periode Pioner (1950 – 1963)
Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer. Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses.
2. Periode Stabil (1963 – 1980)
Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
3. Periode Mikro (1980 – 1990)
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
4. Periode Modern (1990 – …)
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu, dan setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.

KLASIFIKASI PRANGKAT LUNAK SISTEM
Pada bab sebelumnya telah dibahas bahwa prangkat lunak terdiri dari prangkat lunak sistem dan prangkat lunak aplikasi. Adapun prangkat lunak sistem dapat di klasifkasikan menjadi tiga macam yaitu sistem operasi (operating system), bahasa pemrograman (programming language) dan program bantu atau utilitas (utility).
A. Sistem Operasi (Operating System)
Sistem Operasi yaitu program yang dibuat untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan dari sistem komputer, sebagai penghubung perangkat lunak dengan perangkat keras komputer sehingga sistem komputer mudah digunakan. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menangani fungsi-fungsi dasar seperti mengatur media masukan – proses – keluaran, mengatur table pengkodean, mengatur memori, mengatur penjadwalan prosesor dan menyediakan fasilitas-fasilitas tententu sehingga golongan perangkat lunak lainnya dapat bekerja. Tanpa sistem operasi, komputer dan golongan perangkat lunak yang lain tidak dapat digunakan sebagaiman mestinya.
Tujuan dari sistem operasi ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan menggunakan komputer semaksimal mungkin, dalam melaksanakan pekerjaan. Program-program dalam sistem operasi biasanya ditulis dan disusun oleh pabrik komputer yang bersangkutan.
Saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi pula yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian.
Berikut beberapa contoh sistem operasi :
1. DOS
DOS (Disk Operating System) merupakan salah satu operating system yang biasa dipakai pada komputer IBM-PC ataupun kompatibelnya DOS mempunyai sejumlah versi yang diawali dengan DOS versi 1.00 dirilis pada 1981, terus meningkat menjadi versi 7.00 pada tahun 1996. Seiring dengan perubahan versi, kemampuan DOS juga semakin meningkat, dan berkembang kearah general purpose system, konsep jaringan komputer serta konsep user friendly. DOS versi 3.10 yang direlease tahun 1984, mulai menyediakan layanan untuk jaringan. DOS versi 5.00 yang direlease tahun 1991, mendukung pemakaian sound baster card, dan pada masa itu merupakan awal penggunakan sound-card stereo pada sebuah PC
2. Windows
Windows adalah operating system produk dari Microsoft yang banyak dipakai saat ini. Pada tahun 1992, Microsoft memperkenalkan operating system Windows 3.1 merupakan suatu system operasi yang mengijinkan pemakai untuk menjalankan berbagai program secara serentak serta membagi informasi antara program-program yang ada. Program-program yang ada bisa ditampilkan dalam bentuk "jendela" dan pemakai bisa mengendalikannya secara mudah. Seperti halnya dengan DOS, Windows operating system juga memiliki pelbagai versi, seperti misalnya Windows 3.11, Windows NT dan pada tahun 1995 muncul Windows 95 yang memiliki kemampuan untuk meng-access internet. Yang selanjutnya di sepurnakan dengan keluarnya Windows 98. Pada tanggal 17 Februari 2000 secara resmi Microsoft Corporation mengeluarkan system operasi terbarunya dengan nama Microsoft Windows 2000 Profesional. Windows 2000 ini memiliki ke-andalan manajemen dan keamanan, lebih mudah digunakan, lebih cepat, serta lebih kompatibel dengan pelbagai perangkat lunak maupun keras, mudah dikelola serta lebih aman. Pada 14 September 2000, Windows-Me direlease yang memiliki kemudahan pada saat bekerja dengan file, bekerja dengan web, bekerja dengan komputer lain yang terhubung, serta pelbagai kemudahan-kemudahan lainnya, kemudian tahun 2001 diluncurkan Windows XP, dan yang terbaru adalah Windows Vista.
3. Macintosh
Macintosh Operating System merupakan OS yang pertama mengunakan sistem GUI (Graphical User Interface). Para pemakai komputer begitu takjub melihat Macintosh yang sangat ramah dalam melayani pemakai komputer. Pemakai tidak perlu banyak menulis perintah, cukup menunjuk gambar-gambar yang ada, maka dengan cepat Macintosh akan mengerjakan tugas sesuai gambar yang ditunjuk. OS ini hanya kompatibel dengan Komputer Apple-Macintosh
4. Unix
Unix adalah sebuah Operating System yang pada awalnya dikembangkan oleh Bell Labs pada tahun 1969 sebagai sebuah sistem yang berkonsep 'interaktif time-sharing‘. Pencipta dari Unix adalah Ken Thompson dan Dennis Ritchie. Pada tahun 1974, Unix menjadi Operating System pertama yang ditulis dalam bahasa C dan sistem operasi yang sifatnya terbuka atau standard. Unix telah terstandardisasi oleh IEEE sebagai Portable Operating System Interface (POSIX).
5. Linux
Linux adalah sebuah sistem operasi komputer seperti halnya Macintosh, OS/2, Solaris maupun Windows. Linux merupakan turunan dari sistem operasi UNIX dan memiliki seluruh kemampuan dan keunggulan dari sistem UNIX. Linux adalah sistem operasi berbasis GPL (General Public Licence) yang berarti Linux dapat dikopi secara bebas tanpa harus membayar kepada pemegang lisensi, dengan catatan source code harus selalu disertakan dalam penyebarannya. Linux diciptakan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991 di Finlandia, saat itu Linus adalah seorang mahasiswa ilmu komputer di Universitas Helsinki. Pada awalnya Linux masih sangat sederhana dan belum memiliki kekuatan seperti UNIX komersial yang telah mapan. Tetapi dengan bantuan para hacker, Linus terus mengembangkan Linux dan akhirnya memliki kemampuan yang dapat disejajarkan dengan sistem operasi komersial lainnya. Lisensi Linux dipegang oleh Linus Torvalds, sebagai penghormatan atas hasil jerih payahnya mengembangkan Linux. Saat ini, populasi pemakai Linux telah mencapai jutaan orang dan akan terus berkembang di masa - masa yang akan datang. Dukungan dari vendor - vendor ternama seperti IBM, Silicon Graphics, Hewlett Packard, Compaq dan Dell, telah membuat Linux menjadi kekuatan baru yang disegani. Dalam dunia bisnis dan teknologi di Amerika Serikat, Linux telah dipakai di NASA, Boeing, UPS, Lockheed Martin, US Postal, US Railway, baik sebagai server dalam jaringan maupun workstation - workstation front-end. Linux dapat berjalan pada platform - platform terkemuka seperti Intel x86, Sun SPARC, MIPS, Motorola m68K, PowerPC dan DEC Alpha. Jauh sekali apabila dibandingkan dengan Windows NT yang hanya bisa dijalankan di platform Intel x86 dan DEC Alpha.
6. FreeBSD
FreeBSD adalah sebuah sistem operasi BSD Unix yang lebih maju untuk komputer jenis PC. Sistem operasi ini dikembangkan oleh sekumpulan programmer individu. FreeBSD menawarkan sistem rangkaian yang lebih maju dan berkemampuan tinggi. Sistem operasi tersebut sesuai untuk dijadikan sistem server Internet atau Intranet. Dapat mengendalikan sistem rangkaian yang sangat sibuk, dan mengatur penggunaan memori dengan baik untuk melayani beratus-ratus atau beribu-ribu pengguna secara serentak. Perbedaan antara FreeBSD dengan Linux ialah Linux adalah aplikasi terbuka di mana kode program diberikan secara cuma-cuma dan aplikasi Linux bisa dikembangkan oleh siapa saja, sedangkan FreeBSD adalah aplikasi tertutup yang diprogramkan oleh programmer yang membuat sistem operasi BSD(Berkeley Software Distribution)
7. BeOS
BeOS adalah sebuah Sistem operasi komersial baru yang menarik. Sistem operasi BeOS dibuat berdasarkan cip cpu PowerPC atau x86 (PC). Ia membolehkan seseorang berkerja dengan aplikasi audio, video, image, berdasar pada Internet dan menyunting file berukuran berjuta-juta gigabyte serentak dalam waktu yang singkat. BeOS adalah satu-satunya Sistem operasi yang mengunakan kesemua kelebihan satu atau lebih pemproses dengan atomatis
8. SunSolaris
SunSolaris menggunakan mikro pemproses Sparc atau x86. SunSolaris adalah sebuah sistem operasi Unix yang dibuat oleh Sun Microsystem untuk kegunaan stasiun kerja dan server UltraSparc dan juga ix86. Sistem operasi ini adalah sistem operasi 64 bit bagi platform UltraSparc dan 32bit bagi platform x86. Ia berkemampuan mengendalikan sistem komputer mainframe, server web, server enterprise dan pelbagai jenis server lain.

B. Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Bahasa pemrograman merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan computer. Bahasa pemrograman sebenarnya sebuah perangkat lunak yang diciptakan secara khusus untuk membuat perangkat lunak golongan lainnya (program utilitas, paket program, program aplikasi dan bahkan sistem operasi). Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando atau instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu set aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan dan diteruskan, serta jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Berdasarkan kedekatannya dengan bahasa manusia, bahasa pemrograman dibedakan menjadi beberapa tingkatan :
1. Bahasa Mesin (Machine Language)
Bahasa pemrograman yang menggunakan urutan instruksi yang direpresentasikan dalam bilagan biner 0 dan 1. instruksi-instruksi pada katagori ini merupakan level terendah, artinya instruksi- instruksi yang dapat langsung diterima dan dilaksanakan oleh komputer tanpa komputer harus menerjemahkan terlebih dahulu. Kode 0 dan 1 yang digunakan untuk menyusun instruksi dikenal dengan kode biner. Cara lain untuk merepresentasikan kode biner adalah kode octal atau kode hexadesimal.
2. Bahasa pemrograman tingkat rendah (Low Level Language)
Merupakan bahasa dasar komputer (disebut juga sebagai bahasa rakitan). Pemrograman dengan bahasa tingkat rendah ini memerlukan logika yang cukup rumit di samping instruksinya yang jauh berbeda dengan bahasa manusia. Contoh bahasa perograman tingkat rendah adalah bahasa Assembly
3. Bahasa pemrograman tingkat menengah (Middle Level Language)
Merupakan bahasa pemrograman yang instuksinya masih dekat dengan bahasa manusia. Penggolongan tingkat menengah ini sebenarnya muncul belakangan. Contoh bahasa pemrograman tingkat menengah adalah bahasa C dan Java.
4. Bahasa pemrogram tingkat tinggi (High Level Language).
Merupakan bahasa pemrograman yang instruksinya paling dekat dengan manusia (dalam hal ini bahsa inggris), seperti : BASIC, FORTRAN, Pascal, Clipper, COBOL, LISP, ADA, ALGOL, Modula 2, Smalltalk, Prolog dan lain-lain. Program dengan bahasa tingkat tinggi lebih mudah pemrogramannya.
5. Bahasa berorientasi objek (object oriented language)
Bahasa berorientasi objek (object oriented language), adalah bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek. Contoh nya adalah Delphi, VB, SQL.
C. Program Bantu atau Utilitas (Utility).
Program utilitas merupakan perangkat lunak yang bertugas untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan minor dalam pengorperasian mesin, seperti mempersiapkan pemakaian media disk, membuat/menghapus proteksi suatu sistem software, manajemen berkas (mengkopi dan menghapus berkas, membatalkan penghapusan berkas, mengelompokkan berkas ke dalam suatu direktori), diagnosa dan perbaikan berkas yang rusak, fragmentasi media penyimpan (memaksimalkan penggunaan hardisk atau disket) dan lain- lain. Beberapa contoh perangkat lunak yang tergolong sebagai program adalah :
1. NC (Norton Commander)
2. NU (Norton Utility)
3. PC-TOOLS
4. Diagnostic Test
5. Disk optimizer
6. Copy Tools
7. Advance Diagnostic
8. dan lain- lain

PENUTUP
Dari hasil pembahasan pada bab sebelumnya maka terdapat beberapa saran yang ingin penyusun kemukakan yaitu sebagai berikut :
1. Sebelum lebih lanjut memepelajari suatu aplikasi perangkat lunak alangkah baiknya jika terlebih dahulu membangun pengetahuan tentang perangkat lunak sistem.
2. Pengetahuan keberagaman prangkat lunak sistem operasi yang ada hendaknya dapat menjadi suatu pertimbangan untuk memilih penggunaan sistem operasi.


REFERENSI

Ardiansyah, “Pengenalan Sistem Operasi” http://ardi.tif.uad.ac.id. (30 Desember 2008)

Dwiantoro, Tino. “Pengantar Teknologi Informasi” http//wodpres.TinoDwiantoro com, (30 November 2008)

Haryono, Noor “Ringkasan Materi Kuliah Pengantar Informatika” Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com http//IlmuKomputer.com (2 Desember 2008)

Sudirman, Irvan “Perkembangan Software Komputer” Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com http//IlmuKomputer.com (30 November 2008)

“Prangkat Lunak Sistem”, http//www.wikipedia.com (2 Desember 2008)
“Diktat Dasar Komputer dan Pemrograman T. Elektro FTI UAD”. http://www.iptek.com/uad/cmty (5 Desember 2008)

1 komentar:

  1. Harrah's Cherokee Casino and Resort - Mapyro
    Harrah's Cherokee Casino and Resort is a Casino in Murphy, 출장샵 North Carolina and is open 김천 출장안마 daily 당진 출장샵 24 hours. The casino 제주 출장안마 has a number of slot machines,  통영 출장안마 Rating: 2.5 · ‎9 votes

    BalasHapus

Pengikut